-->

Cara Pasang TWRP Redmi Note 3 Pro (Kenzo) Tanpa UBL



Redmi Note 3 Pro ini jelas udah ga asing lagi buat kita, karena di jajaran Redmi Series untuk saat ini Kenzo yg punya performa paling oke. Dengan Snapdragon 650, Kenzo memberi pengalaman mobile yang luar biasa untuk ponsel dibawah 2 juta. 

Tapi, karena terkendala aturan TKDN dari Negeri kita tercinta ini, walhasil konektivitas 4g LTE si Kenzo dilock/dikunci by system. Untuk mengakalinya kita perlu menginstal file fix 4g via TWRP. Nah tapi, instal TWRP pun ga seperti ponsel lain yg sangat udah hanya berbekal Kingroot dan Flashify. Instal TWRP di Kenzo umumnya perlu untuk unlock bootloader terlebih dahulu.

Bagi kalian yang malas untuk apply unlock bootloader atau selalu gagal dalam mengunlock, disini saya kasih tutorial install TWRP tanpa UBL. Lets begin.

Download bahan-bahannya terlebih dahulu :

Download dan ekstrak semua bahan di atas. Pastikan dulu, kenzo kamu itu Androidnya versi Lollipop atau Marshmallow. Sesuaikan dengan bahan diatas. Saya anggap mengerti yaaa.

Lanjut ke step instalasinya. Buka MiFlash 64 Bit (cari sendiri, jangan manja). Lalu klik browse, arahkan ke folder ubl_kenzoll atau ubl_kenzomm (sesuai versi androidmu). Posisikan HPmu ke mode fastboot (dari posisi hp off, tekan volume down + power. Jika sudah, buka folder fastboot to edl kenzo, kemudian double klik reboot.bat. Maka HPmu akan masuk ke mode EDL. Untuk memastikan, buka device manager dan pastikan perangkat terbaca sebagai HS-USB 9008. Lalu kembali ke aplikasi Mi Flash, klik refresh. Disitu HPmu akan terbaca sebagai Com 10 atau semacamnya. Klik flash. Sekitar 10  detik proses akan selesai. JANGAN DULU NYALAKAN HPMU.

Setelah proses flash UBL sukses, langsung ke mode fastboot lagi (vol down+power). Lalu buka folder Toolkit Kenzo. Jalankan aplikasi Root.bat. Tekan enter, enter, enter dan enter sampe masuk TWRP :v

Jika HPmu masuk ke TWRP, ubah bahasa ke English, lalu ke menu Reboot, pilih reboot bootloader. Maka HPmu masuk kembali ke mode fastboot. Kembali ke aplikasi Root.bat yg sudah dibuka tadi, tekan enter dan enter lagi sampe masuk TWRP.

Selamat, TWRP dan UBL sudah mendarat dengan mulus di HPmu..

Sekian dulu deh. Capek ngetiknya.

### UPDATE ###

Dear semua, mungkin beberapa dari kalian ada yg mengalami bootloop dan semacamnya. Aneh sih, karena saya ga pernah, hehe. Oke, cara yg saya pakai belakangan ini, adalah dengan flash yg ubl kenzo lollipop. Walaupun HP dlm posisi marshmallow, saya tetap pakai yg Lollipop. Begini step saya, sekaligus fix 4g-nya.

Download bahan diatas yg ubl kenzo lollipop dan toolkit kenzo.
Flash ublkenzoll via MiFlash
Jika sudah, posisikan hp ke mode fastboot
Jalankan file root.bat dlm folder toolkit_kenzo
enter, lalu akan muncul device info (tulisan di device unlocked nilainya false biasanya), tekan dan tahan volume bawah (volume bawah aja, tanpa power) enter lagi.
Kalo hp kalian restart, otomatis masuk ke fastboot lagi.
klik enter lagi, muncul device info lagi, mestinya disini tulisan device unlocked sudah "true"
Kalo sudah "true", tekan enter lagi terus enter sampai masuk twrp.
Dari sini kalian sudah punya twrp, tapi biasanya internal jadi 0 mb
Jadi saya sarankan untuk bahan lain seperti supersu atau rom kalian taruh di flashdisk OTG atau memory external. 
Step yg saya lakukan biasanya setelah ada twrp adalah instal supersu yg SR3 utk marshmallow via flashdisk OTG, lalu instal aboot_mod. Lalu reboot. 
Selama ini pake cara itu blm pernah bootloop. Satu-satunya masalah adalah memory internal gak terbaca di TWRP, tp kalo saya pribadi sih ga masalah karena emang semua bahan ada di flashdisk OTG.
Nah setelah root, biasanya saya fix 4g manual dengan edit build.prop. String ygy saya ubah adalah :


1. ro.product.device=kenzo saya ganti jadi ro.product.device=kenzo

2. taruh # sebelum string ro.product.mod_device
mengubah 2 string ini sudah cukup utk mengembalikan pilihan 4g di pengaturan dan manual di 4636
Tapi biasanya saya tambahi langkah lagi, yaitu ubah string di bagian awal build.prop tentang versi miuinya, misal versi miuinya 9.2.3.0 makan di string awal ada tulisan 9.2.3.0 MHOMIEK (atau sejenisnya), saya ubah jadi 9.2.3.0 MHOMIEX (pokoknya yg huruf terakhir diubah, terserah diubah jadi apa). Fungsinya adalah supaya kenzonya gak nerima update, wkwk. Iya, saya biasa fix 4g untuk orang lain, dan saya kuatir kalo udah ada twrp trus suatu saat orang tersebut gak sengaja update malah jd bootloop. Jadi saya ubah kalo yg punyanya gak begitu paham tentang oprek hp. That's it.

Serius, saya gak pernah bootloop. Sekedar internal 0mb di TWRP yg buat saya pribadi gak begitu masalah.Kalo mau internal terbaca, lain kali saya buat artikelnya. Soalnya, selama ini saya lebih sering oprek HP orang, jadi gak pernah taruh bahan di memory internal. WKWK. Dah gitu aja update-annya. Salam bootloop


Segala resiko di tanggung penumpang

Komentar (0)

Post a Comment